BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Belajar
mengajar pada dasarnya merupakan proses
interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif
tersebut meliputi peningkatan kompetensi tiga aspek yakni kognitif,
psikomotorik, dan afektif. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran
maksimal dari seorang guru, baik dalam penyampaian materi, penggunaan metode,
dan penggunaaan media. Guru diharapkan untuk lebih kreatif melakukan inovasi
pembelajaran di dalam kelas. Salah satu inovasi yang dimaksud adalah penggunaan
media.
Permasalahan
yang sering muncul adalah kurangnya kreativitas guru. Selain itu, penggunaan
metode yang monoton akan berdampak terhadap berkurangnya perhatian siswa
terhadap mata pelajaran itu sendiri. Ditambah lagi dengan minat peserta didik
terhadap mata pelajaran yang mengharuskan peserta didik menggunakan
psikomotoriknya untuk menerima mata pelajaran.
Media
adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan perantara. Media bisa bersifat
visual maupun non-visual. Tentunya, media yang bagus adalah media yang
mempunyai sifat keduanya untuk saling melengkapi. Dalam pembelajaran penggunaan
media sangatlah penting guna menunjang aktivitas pembelajaran. Namun, belum
semua guru sadar betul akan pentingnya hal itu.
Dari
paparan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pengembangan media
pembelajaran interaktif sebagai salah satu media alternative guru dalam
kegiatan pembelajaran.
1.2 Rumusan
masalah
2. Apa
pengertian multimedia?
3. Apa yang dimaksud dengan
animasi?
4. Bagaimana
Animasi dikomunikasikan?
5. Masalah
yang melatarbelakangi pengembangan inovasi pembelajaran animasi?
6. Dampak
dari penggunaan animasi?
1.3 Tujuan
2. Untuk
mengetahui pengertian multimedia
3. Untuk
mengetahui apa yang dimaksud dengan animasi
4. Untuk
mengetahui apa karakteristik animasi
5. Untuk
mengetahui bagaimana animasi dikomunikasikan
6. Untuk
mengetahui masalah yang melatarbelakangi penggunaan animasi
7. Untuk
mengetahui dampak inovasi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Multimedia
Multimedia merupakan pengga-bungan atau
kombinasi dari teks, grafik, audio/suara, video dan animasi. Selain itu,
multimedia juga hendaknya mampu berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna
agar pemanfaatan multimedia menjadi lebih efektif.
Keunggulan multimedia :
1.
Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat.
2.
Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar,
video, dan animasi.
3.
Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
4. Interaktif.
Adapun bagian dari Multimedia sebagai berikut :
1. Teks, adalah dasar dari semua
aplikasi multimedia yang akan kita buat. Penggunaan berbagai macam gaya, font
dan warna dari tulisan dapat dipakai untuk menonjolkan tema tertentu.
2. Gambar, adalah objek baik berupa garis (vektor) maupun sebuah
rekonstruksi dari objek asli berupa serangkaian pixel (bitmap).
3. Audio, sebuah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda
yang berupa sinyal analog dengan amplitude yang berubah secara berlanjut
terhadap waktu.
4. Video, adalah serangkaian gambar
bergerak yang disertai dengan audio yang terdiri banyak frame yang berbeda.
2.2 Pengertian Animasi
Animasi
berasal dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris to animate yang
berarti menggerakan. Contohnya sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui
perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.
Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang
terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan
gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi
gerakan pada gambar yang ditampilkan.
Animasi, adalah susunan gambar diam
yang disusun sehingga menimbulkan efek seolah-olah tampak bergerak. Menurut
Salim (2003: 1), animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek
perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Secara harfiah, Animasi
adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu Yang tidak bisa
bergerak sendiri.
Perkembangan animasi pada saat ini berjalan
cepat dalam berbagai bidang. Animasi begitu dikenal dalam bidang perfilman,
terutama dunia anak-anak. Akan tetapi, sekarang animasi tidak hanya digunakan
dalam dunia hiburan seperti pembuatan film dan permainan, tetapi juga dalam
pembuatan desain web dan dunia pendidikan.
Animasi dalam dunia pendidikan berperan
sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi merupakan salah satu bentuk
visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang
sulit disampaikan secara konvensional.
2.3 karakteristik Animasi
Animasi
di dalam sebuah aplikasi multimedia dapat menjanjikan suatu visual yang lebih
dinamik serta menarik kepada penonton karena animasi memungkinkan sesuatu yang
mustahil atau kompleks berlaku di dalam kehidupan sebenarnya direalisasikan di
dalam aplikasi tersebut. Efektivitas animasi dalam pembelajaran tidak hanya
berhubungan dengan bagaimana animasi itu diterima dan dikonsepkan, namun juga
bagaimana animasi tersebut dirancang.
Penggunaan
suatu animasi tentu harus mengetahui konsep dasar dari
animasi
tersebut. Konsep dasar animasi menurut Novian Wahyu S (2005: 21)
adalah
menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar
saja,
atau sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks
untuk
menerangkan informasi. Konsep dasar animasi juga diterjemahkan oleh
Fikri
Alami (2005: 21) di antaranya:
1)
Movie
Animasi
yang dibuat dalam flash secara umum disebut dengan movie. Dalam membuat animasi
maka seseorang akan mengatur jalan cerita dari animasi tersebut. Membuat
beberapa objek dan merangkainya menjadi suatu bagian yang bermakna tertentu.
Suatu movie terkadang terdiri dari beberapa animasi yang terkadang disebut
movie clip. Clip-clip movie tersebut dapat dirangkai kembali menjadi movie
baru. Suatu animasi/movie clip akan dijalankan dalam suatu scenario yang dapat
dianalogkan sebagai suatu episode.
2)
Objek
Sebelum
membuat animasi maka terlebih dahulu membuat objek. Baru kemudian mengatur
gerakan dari objek tersebut. Flash menyediakan tool untuk membuat objek
seerhana seperti garis, lingkaran, atau persegi.
3)
Teks
Pada
toolbox disediakan fasilitas untuk menulis teks. Dengan teks ini dapat ditulis
pesan yang akan disampaikan pada animasi tersebut. Selain itu, teks dapat
dibuat dalam bentuk animasi. Animasi tersebut dikategorikan dalam teks statis
label, teks dinamis, dan teks input.
4)
Sound
Animasi
yang dibuat dapat disertakan dengan sound, agar tampak lebih menarik.
Penambahan sound pada suatu movie akan memperbesar ukuran file, sehingga format
sound yang digunakan dalam flash dapat digunakan WAV,MP3.
2.4
Pengkomunikasian Animasi
Alat
dan bahan yang dipergunakan untuk merancang atau membuat sistem baru dalam
penelitian ini adalah : (a) Software : Sistem operasi Windows Seven, bahasa
pemrograman Visual Basic 6.0, aplikasi animasi multimedia Adobe Flash CS3,
database SQL Server 2000 Personal Edition, konektor ODBC, (b) Hardware :
Notebook : Prosesor Intel® Pentium® Dual-Core P6200 2.13 GHz, Memory DDR2
SDRAM, 2 GB, VGA Card/Integrated Intel® GMA HD, 2.5" SATA 320GB, Built-in
Speakers And Microphone Speaker dan Microphone-in jack, Speaker, LCD Proyektor.
Metode pengujian sistem yang digunakan adalah metode pengujian black-box.
Metode
ujicoba black box memfokuskan pada keperluan fungsional dari software.
Karna itu ujicoba black box memungkinkan pengembang software untuk
membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat
fungsional suatu program.
2.5
Latar belakang penggunaan Animasi
Siswa
cenderung tidak fokus dan cepat bosan. Ketidakpahaman pelajar terhadap suatu
pelajaran tertentu mungkin disebabkan karena pelajaran yang diajarkan tidak
memiliki interface yang menarik sehingga untuk seterusnya pelajar akan
merasa jenuh untuk pelajaran tersebut. Tampilan yang menarik yang dapat
menggambarkan pelajaran tersebut secara audiovisual akan memberikan daya tarik
terhadap suatu pelajaran.
Dari
rumusan masalah itu, bagaimana membuat pelajar dapat lebih mudah mengerti dan
tertarik pada pelajaran. Ketertarikan pelajar terhadap suatu bagian tertentu
pada pelajaran tersebut diharapkan dapat menarik pelajar juga ke bagian-bagian
lainnya pada pelajaran tersebut.
2.6
Dampak dari Penggunaan Animasi
mampu
mampu menampilkan pembelajaran dalam bentuk animasi sesuai dengan tema dan sub
tema pembelajaran yang ada, serta mempermudah guru maupun kepala sekolah dalam
mengolah nilai anak didik.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
·
Multimedia merupakan penggabungan
atau kombinasi dari teks, grafik, audio/suara, video dan animasi. Selain itu,
multimedia juga hendaknya mampu berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna
agar pemanfaatan multimedia menjadi lebih efektif.
·
Animasi berasal dari kata Animation
yang dalam bahasa Inggris to animate yang berarti menggerakan.
Contohnya sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit
demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses
penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa
waktu.
·
Animasi dalam dunia pendidikan
berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi merupakan salah satu
bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi
pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional.
3.2
Saran
Terima kasih atas
kesediaannya untuk membaca makalah ini dan mohon maaf atas kurangnya pembahasan
makalah ini karna keterbatasan sumber. Bagi para pembaca untuk meneliti lagi
makalah ini dan memberikan kritik atau saran baik terutama kepada teman-teman
atau dosen pengampu, agar pembuatan makalah selanjutnya lebih baik dari makalah
ini.
DAFTAR PUSTAKA
2015.pengertian Mulltimedia menurut para
ahli. http://itcentergarut.logspot.co.id/2011/08/pengertian-animasi-dan-sejarah-animasi-dan-sejarah-animasi.html
Diaskes pada tanggal 21November 2017
Merkur - Merkur Progress Gaming Headset 2021
BalasHapusThe Merkur Progress Gaming 제왕카지노 Headset with Detachable Microphone is 카지노 a perfect choice for serious gaming. The Merkur Progress is a perfect 메리트카지노총판 choice for serious gaming
Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
BalasHapusFind 제주 출장안마 the 전주 출장마사지 best prices on 강원도 출장안마 Harrah's Cherokee Casino Resort in Cherokee, NC. Address: 777 Casino Drive, Council Bluffs, AR 47030. Directions · 의왕 출장샵 Rating: 8.1/10 · 540 부천 출장마사지 reviews · Price range: $112