Senin, 29 Mei 2017

MAKALAH

BAB I
PENDAHULUAN
  1.1       Latar Belakang
Belajar  mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif tersebut meliputi peningkatan kompetensi tiga aspek yakni kognitif, psikomotorik, dan afektif. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran maksimal dari seorang guru, baik dalam penyampaian materi, penggunaan metode, dan penggunaaan media. Guru diharapkan untuk lebih kreatif melakukan inovasi pembelajaran di dalam kelas. Salah satu inovasi yang dimaksud adalah penggunaan media.
Permasalahan yang sering muncul adalah kurangnya kreativitas guru. Selain itu, penggunaan metode yang monoton akan berdampak terhadap berkurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran itu sendiri. Ditambah lagi dengan minat peserta didik terhadap mata pelajaran yang mengharuskan peserta didik menggunakan psikomotoriknya untuk menerima mata pelajaran.
Media adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan perantara. Media bisa bersifat visual maupun non-visual. Tentunya, media yang bagus adalah media yang mempunyai sifat keduanya untuk saling melengkapi. Dalam pembelajaran penggunaan media sangatlah penting guna menunjang aktivitas pembelajaran. Namun, belum semua guru sadar betul akan pentingnya hal itu.
Dari paparan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif sebagai salah satu media alternative guru dalam kegiatan pembelajaran.

1.2    Rumusan masalah
2.    Apa pengertian multimedia?
3.    Apa yang dimaksud dengan animasi?
4.    Bagaimana Animasi dikomunikasikan?
5.    Masalah yang melatarbelakangi pengembangan inovasi pembelajaran animasi?
6.    Dampak dari penggunaan animasi?
1.3    Tujuan
2.    Untuk mengetahui pengertian multimedia
3.    Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan animasi
4.    Untuk mengetahui apa karakteristik animasi
5.    Untuk mengetahui bagaimana animasi dikomunikasikan
6.    Untuk mengetahui masalah yang melatarbelakangi penggunaan animasi
7.    Untuk mengetahui dampak inovasi





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Multimedia
Multimedia merupakan pengga-bungan atau kombinasi dari teks, grafik, audio/suara, video dan animasi. Selain itu, multimedia juga hendaknya mampu berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna agar pemanfaatan multimedia menjadi lebih efektif.
Keunggulan multimedia :
1. Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat.
2. Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi.
3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
4. Interaktif.
Adapun bagian dari Multimedia sebagai berikut :
1. Teks, adalah dasar dari semua aplikasi multimedia yang akan kita buat. Penggunaan berbagai macam gaya, font dan warna dari tulisan dapat dipakai untuk menonjolkan tema tertentu.
2. Gambar, adalah objek baik berupa garis (vektor) maupun sebuah rekonstruksi dari objek asli berupa serangkaian pixel (bitmap).
3. Audio, sebuah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda yang berupa sinyal analog dengan amplitude yang berubah secara berlanjut terhadap waktu.
4. Video, adalah serangkaian gambar bergerak yang disertai dengan audio yang terdiri banyak frame yang berbeda.
2.2  Pengertian Animasi
Animasi berasal dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris to animate yang berarti menggerakan. Contohnya sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan pada gambar yang ditampilkan.
Animasi, adalah susunan gambar diam yang disusun sehingga menimbulkan efek seolah-olah tampak bergerak. Menurut Salim (2003: 1), animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Secara harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu Yang tidak bisa bergerak sendiri.
 Perkembangan animasi pada saat ini berjalan cepat dalam berbagai bidang. Animasi begitu dikenal dalam bidang perfilman, terutama dunia anak-anak. Akan tetapi, sekarang animasi tidak hanya digunakan dalam dunia hiburan seperti pembuatan film dan permainan, tetapi juga dalam pembuatan desain web dan dunia pendidikan.
 Animasi dalam dunia pendidikan berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional.
2.3 karakteristik Animasi
Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia dapat menjanjikan suatu visual yang lebih dinamik serta menarik kepada penonton karena animasi memungkinkan sesuatu yang mustahil atau kompleks berlaku di dalam kehidupan sebenarnya direalisasikan di dalam aplikasi tersebut. Efektivitas animasi dalam pembelajaran tidak hanya berhubungan dengan bagaimana animasi itu diterima dan dikonsepkan, namun juga bagaimana animasi tersebut dirancang.
Penggunaan suatu animasi tentu harus mengetahui konsep dasar dari
animasi tersebut. Konsep dasar animasi menurut Novian Wahyu S (2005: 21)
adalah menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar
saja, atau sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks
untuk menerangkan informasi. Konsep dasar animasi juga diterjemahkan oleh
Fikri Alami (2005: 21) di antaranya:
1) Movie
Animasi yang dibuat dalam flash secara umum disebut dengan movie. Dalam membuat animasi maka seseorang akan mengatur jalan cerita dari animasi tersebut. Membuat beberapa objek dan merangkainya menjadi suatu bagian yang bermakna tertentu. Suatu movie terkadang terdiri dari beberapa animasi yang terkadang disebut movie clip. Clip-clip movie tersebut dapat dirangkai kembali menjadi movie baru. Suatu animasi/movie clip akan dijalankan dalam suatu scenario yang dapat dianalogkan sebagai suatu episode.
2) Objek
Sebelum membuat animasi maka terlebih dahulu membuat objek. Baru kemudian mengatur gerakan dari objek tersebut. Flash menyediakan tool untuk membuat objek seerhana seperti garis, lingkaran, atau persegi.
3) Teks
Pada toolbox disediakan fasilitas untuk menulis teks. Dengan teks ini dapat ditulis pesan yang akan disampaikan pada animasi tersebut. Selain itu, teks dapat dibuat dalam bentuk animasi. Animasi tersebut dikategorikan dalam teks statis label, teks dinamis, dan teks input.
4) Sound
Animasi yang dibuat dapat disertakan dengan sound, agar tampak lebih menarik. Penambahan sound pada suatu movie akan memperbesar ukuran file, sehingga format sound yang digunakan dalam flash dapat digunakan WAV,MP3.
2.4 Pengkomunikasian Animasi
Alat dan bahan yang dipergunakan untuk merancang atau membuat sistem baru dalam penelitian ini adalah : (a) Software : Sistem operasi Windows Seven, bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, aplikasi animasi multimedia Adobe Flash CS3, database SQL Server 2000 Personal Edition, konektor ODBC, (b) Hardware : Notebook : Prosesor Intel® Pentium® Dual-Core P6200 2.13 GHz, Memory DDR2 SDRAM, 2 GB, VGA Card/Integrated Intel® GMA HD, 2.5" SATA 320GB, Built-in Speakers And Microphone Speaker dan Microphone-in jack, Speaker, LCD Proyektor. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah metode pengujian black-box.
Metode ujicoba black box memfokuskan pada keperluan fungsional dari software. Karna itu ujicoba black box memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program.
2.5 Latar belakang penggunaan Animasi
 Siswa cenderung tidak fokus dan cepat bosan. Ketidakpahaman pelajar terhadap suatu pelajaran tertentu mungkin disebabkan karena pelajaran yang diajarkan tidak memiliki interface yang menarik sehingga untuk seterusnya pelajar akan merasa jenuh untuk pelajaran tersebut. Tampilan yang menarik yang dapat menggambarkan pelajaran tersebut secara audiovisual akan memberikan daya tarik terhadap suatu pelajaran.
Dari rumusan masalah itu, bagaimana membuat pelajar dapat lebih mudah mengerti dan tertarik pada pelajaran. Ketertarikan pelajar terhadap suatu bagian tertentu pada pelajaran tersebut diharapkan dapat menarik pelajar juga ke bagian-bagian lainnya pada pelajaran tersebut.
2.6 Dampak dari Penggunaan Animasi
mampu mampu menampilkan pembelajaran dalam bentuk animasi sesuai dengan tema dan sub tema pembelajaran yang ada, serta mempermudah guru maupun kepala sekolah dalam mengolah nilai anak didik.








BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
·         Multimedia merupakan penggabungan atau kombinasi dari teks, grafik, audio/suara, video dan animasi. Selain itu, multimedia juga hendaknya mampu berinteraksi atau berkomunikasi dengan pengguna agar pemanfaatan multimedia menjadi lebih efektif.
·         Animasi berasal dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris to animate yang berarti menggerakan. Contohnya sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu.
·         Animasi dalam dunia pendidikan berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional.

3.2 Saran
 Terima kasih atas kesediaannya untuk membaca makalah ini dan mohon maaf atas kurangnya pembahasan makalah ini karna keterbatasan sumber. Bagi para pembaca untuk meneliti lagi makalah ini dan memberikan kritik atau saran baik terutama kepada teman-teman atau dosen pengampu, agar pembuatan makalah selanjutnya lebih baik dari makalah ini.




DAFTAR PUSTAKA
Diaskes pada tanggal 21November  2017


2 komentar:

  1. Merkur - Merkur Progress Gaming Headset 2021
    The Merkur Progress Gaming 제왕카지노 Headset with Detachable Microphone is 카지노 a perfect choice for serious gaming. The Merkur Progress is a perfect 메리트카지노총판 choice for serious gaming

    BalasHapus
  2. Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
    Find 제주 출장안마 the 전주 출장마사지 best prices on 강원도 출장안마 Harrah's Cherokee Casino Resort in Cherokee, NC. Address: 777 Casino Drive, Council Bluffs, AR 47030. Directions · 의왕 출장샵 Rating: 8.1/10 · ‎540 부천 출장마사지 reviews · ‎Price range: $112

    BalasHapus